SELAMAT DATANG DI WEBBLOG MAN 3 RANTAU, MADRASAH ALIYAH NEGERI BERPRESTASI NASIONAL

Sabtu, 23 Maret 2013

Teater “Karindangan” MAN 3 Rantau Bersiap Go Nasional

Margasari (Warta Mantiran)
Masuknya Teater pada Ajang Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Madrasah Tingkat Nasional, ternyata mendapat sambutan yang sangat antusias bagi dewan guru dan siswa-siswi MAN 3 Rantau terutama yang aktif latihan di Teater “Karindangan” MAN 3 Rantau Margasari Kabupaten Tapin.

Kepastian masuknya teater tersebut pada ajang PORSEMA Madrasah Tingkat Nasional diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Drs.H.M.Noor Fahmi,MM pada Rapat Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah se-Kalimantan Selatan di MAN Tanah Bumbu (07/03) yang lalu. Ada beberapa cabang olahraga dan seni tambahan pada PORSENI Madrasah Tingkat Nasional yang akan digelar di Malang, Jawa Timur pada tanggal 1 – 7 Juli 2013 yang akan datang, diantaranya adalah “teater”, demikian kata Kabid M.Noor Fahmi.

Menanggapi hal tersebut Pembina dan Pelatih Teater “Karindangan” MAN 3 Rantau Bahlinor Alam Putra,S.Pd.I (jebolan dari Teater Awan IAIN Antasari Banjarmasin) merasa gembira, karena teater akan diperlombakan pada PORSENI Madrasah Tingkat Nasional. Selama ini kami hanya mengikuti lomba teater hanya pada tingkat kabupaten dan provinsi. Hasilnyapun Alhamdulillah Teater MAN 3 Rantau sering tampil sebagai juara. Selain itu pula anak-anak sering mengisi acara di Tapin TV (TV Lokal Kabupaten Tapin), demikian kata Bahlinor.

Sementara Pembina dan Pelatih Teater “Karindangan” yang lain Norhasanah,M.Pd (jebolan dari Teater FKIP Unlam Banjarmasin), menghadapi event penting ini, kini anak-anak porsi latihannya ditambah. Pada mulanya anak-anak latihan hanya satu kali dalam seminggu, tetapi sekarang ditambah menjadi dua kali dalam seminggu. Mudah-mudahan nanti mereka lolos seleksi pada tingkat Kabupaten dan Provinsi serta akhirnya mewakili Kalimantan Selatan di PORSEMA Madrasah Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti.

Kepala MAN 3 Rantau Zailani Maseri,S.Ag ketika ditemui di Ruang Kerjanya (23/03) mengatakan bahwa teater merupakan kegiatan ekstra-kurikuler terfavorit di MAN 3 Rantau selain cabang olahraga Tenis Meja. Teater adalah cabang ekstra-kurikuler yang juga diproyeksikan mampu berprestasi sampai ke Tingkat Nasional. Dengan masuknya cabang teater ini di PORSENI Madrasah Tingkat Nasional, akan membuka peluang anak-anak bisa tampil di ajang ini dan kalau bisa membawa gelar juara, ujarnya. (zay)

Kamis, 21 Maret 2013

Kapolsek CLU Adakan Silaturrahmi Ke MAN 3 Rantau

Margasari, (Warta Mantiran)
Kepala Kepolisian Sektor Candi Laras Utara IPDA Purnoto,SH, Kamis (21/03) mengadakan silaturrahmi perdana ke MAN 3 Rantau di Margasari. Kedatangan beliau ke MAN 3 Rantau selain untuk bersilaturrahmi, juga untuk memperkenalkan diri sehubungan dengan tugas baru beliau di Wilayah Hukum Kecamatan Candi Laras Utara. Beliau ditugaskan di Kecamatan Candi Laras Utara menggantikan Kapolsek yang lama Bapak H.Sumardi yang mutasi ke Paringin, Kabupaten Balangan kurang lebih satu bulan yang lalu.
Kepala MAN 3 Rantau Zailani Maseri,S.Ag menyambut baik kunjungan silaturrahmi ini, karena ujar beliau silaturrahmi sangat dianjurkan dalam agama Islam. Antara MAN 3 Rantau dan Polsek Candi Laras Utara menurut beliau selama ini sudah terjalin hubungan yang sangat erat, untuk itu perlu diteruskan, ujar beliau.
Dalam pembicaraannya Kapolsek akan meneruskan program kerja yang ada, yaitu akan sering mengadakan Sosialiasi dan Penyuluhan; baik Penyalahgunaan Narkoba dan Obat Terlarang, UU Lalu Lintas, Kenakalan Remaja dan lain-lain.
Disamping itu juga menurut Kapolsek, kami siap mengawal MAN 3 Rantau dalam hal pengamanan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang tak berapa lama lagi akan digelar yaitu tanggal 15 - 18 April 2013.
Kapolsek juga menyampaikan pesan, bahwa Polsek Candi Laras Utara siap melayani masyarakat selama 24 jam. Menurut beliau tolong laporkan ke kami kalau ada masalah tindak kriminal yang ada di masyarakat, terkhusus di MAN 3 Rantau, kalau ada yang menggangu keamanan dalam hal Proses Belajar Mengajar dan lain-lain, demikian harap Kapolsek. (zay)

MAN 3 Rantau Segera Miliki Hotspot Area Internet

Margasari, (Warta Mantiran)
Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin Rantau, Rabu (20/03) diadakan penandatanganan kerjasama antara Kepala MAN 3 Rantau Zaillani Maseri,S.Ag dengan Account Manager PT.Telkom Banjarmasin Dewi Ana Parwati. 
Penandatanganan berupa kerjasama pengadaan pemasangan Hotspot Area Wifi Internet yang berjangkauan sangat luas dan bisa dimanfaatkan user yang banyak dalam waktu bersamaan.
Kepala MAN 3 Rantau Zailani Maseri,S.Ag menyambut dan sangat antusias dengan kerjasama ini. Dikatakan beliau , sudah masanya tiap sekolah / madrasah memiliki jaringan Internet sendiri. Selama ini banyak laporan kegiatan yang harus menggunakan jasa Internet melalui email. Kemudian juga guru-guru sudah ditatar menggunakan Internet untuk kepentingan dunia pendidikan yang sangat memerlukan hotspot tersebut.
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala TU MAN 3 Rantau Pahmiriadi, jaringan Internet sudah saatnya dimiliki oleh MAN 3 Rantau. Selama ini kami menyampaikan laporan seperti : Data Emis, E-mpa,Sakpa,BMN dan lain-lain dilaporkan secara berkala dan online. Menurut beliau, dengan adanya Hotspot nanti pekerjaan kami akan terbantu, selama ini kami menggunakan modem yang daya downloadnya sangat kecil dan seringnya gangguan, sehingga menghambat kami menyampaikan sistem laporan, demikian ujar Pahmiriadi.
Account Manager PT.Telkom Banjarmasin Dewi Ana Parwati, menjanjikan insya Allah dalam waktu yang tidak begitu lama, team survey Telkom akan mendatangi lokasi MAN 3 Rantau dan sekaligus memasang perangkat Hotspot Wifi Internet tersebut.
Kepala MAN 3 Rantau berharap, semoga kerjasama ini cepat terealisasi, karena hal ini sudah merupakan kebutuhan yang sangat mendesak, demikian ujarnya. (zay)

Rabu, 13 Maret 2013

DUA ATLET TENIS MEJA MAN 3 RANTAU SIAP BELA KALSEL DI PORSENI MADRASAH NASIONAL



Margasari, (WARTA MANTIRAN)
            Dua atlet tenis meja MAN 3 Rantau siap membela Kalimantan Selatan pada Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Madrasah Tingkat Nasional yang akan digelar pada tanggal 1 – 7 Juli 2013 di Malang, Jawa Timur.
            Kedua atlet tersebut adalah di tunggal putra atas nama Husairi, dan di tunggal putri atas nama Niswi Hudiya. Sebagaimana diketahui kedua atlet tersebut adalah para juara hasil seleksi pada Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan bulan Desember 2012 yang lalu.
            Pernyataan kesiapan kedua atlet tersebut disampaikan Pelatih Kepala Persatuan Tenis Meja (PTM) MAN 3 Rantau, Audi Rahman yang ditemui Tim Bulletin Al-Khalis Kemenag Tapin pada saat sesi latihan
di TC (Training Centre) Gedung Olahraga Tenis Meja MAN 3 Rantau, Senin (11/03/2013).
            Anak-anak saat ini sedang mengikuti TC yaitu selama kurang-lebih 6 bulan, mulai Januari 2013 dan insya Allah nanti berakhir di bulan Juni 2013. Materi latihan cukup padat yaitu berupa latihan teknik dan fisik. Untuk latihan teknik di tunggal putra pelatihnya saya sendiri (Audi Rahman,red), di tunggal putri pelatihnya Febian Hijerin,S.Pd (mantan atlet SMA Ragunan) dan di latihan fisik digenjot oleh pelatih Arief Nurdian,S.Pd (alumni JPOK UNLAM).
            Kepala MAN 3 Rantau yang ditemui di ruang kerjanya berharap agar prestasi anak-anak untuk event nasional kali ini mudah-mudahan meningkat dengan meraih gelar juara di dua nomor ini. Sebagaimana diketahui bahwa Tenis Meja adalah Program Unggulan MAN 3 Rantau dan diproyeksikan mampu berprestasi di tingkat Nasional kembali. Kepada masyarakat Tapin dan Kalimantan Selatan, mohon do’anya. Mudah-mudahan mereka kedua atlet ini mampu menorehkan prestasi terbaik nya kembali di event yang sangat bergengsi ini. (zay)

MAN 3 RANTAU LAKSANAKAN UAM DAN UAMBN 2013

Margasari, (WARTA MANTIRAN)
            Madrasah Aliyah Negeri 3 Rantau kembali melaksanakan Ujian Akhir Madrasah (UAM) mulai tanggal 11 – 15 Maret 2013. Dilaksanakannya kegiatan Ujian Akhir Madrasah (UAM) ini merupakan rangkaian untuk mengevaluasi seluruh siswa selama kurang lebih 3 tahun belajar di madrasah ini. Di samping itu pula kegiatan ini dilaksanakan sebagai tahapan untuk melaksanakan Ujian Nasional (UN) yang digelar 15 – 18 April 2013 yang akan datang. Kenapa dikatakan bagian tahapan UN ? Karena nilai UAM merupakan satu komponen nilai untuk menentukan kelulusan UN, demikian ujar Kepala MAN 3 Rantau Zailani Maseri,S.Ag saat ditemui tim Bulletin Al-Khalis Kemenag Tapin di ruang kerjanya, Senin (11/03/2013).
            Setelah selesai UAM ini MAN 3 Rantau juga akan melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 Maret 2013, demikian sambung Kepala MAN 3 Rantau.
            Ada perbedaan antara UAM dan UAMBN menurutnya, kalau UAM seluruh soal dibuat oleh dewan guru sendiri dan dibiayai oleh DIPA satker, sedangkan UAMBN seluruh soal dibikin oleh Kementerian Agama Pusat serta pembiayaannya oleh DIPA Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, demikian ujarnya.
            Adapun jumlah peserta UAM,UAMBN dan UN MAN 3 Rantau untuk tahun penyelenggaraan tahun 2013 ini berjumlah 71 orang siswa yang tersebar pada Program Keagamaan sebanyak 19 orang, Program IPA 24 orang dan Program IPS sebanyak 28 orang.
            Kepala MAN 3 Rantau juga berharap, semoga UAM,UAMBN dan UN di MAN 3 Rantau tahun ini sukses kembali, baik sukses pelaksanaan maupun sukses hasil. (zay)